Siaran Pers

Press Release Akhir Tahun 2019 BNN Kabupaten Cilacap

Dibaca: 1 Oleh 30 Des 2019November 28th, 2020Tidak ada komentar
Press Release Akhir Tahun 2019 BNN Kabupaten Cilacap
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

Cilacapkab.bnn.go.id, Cilacap – Senin (30/12) Badan Narkotika Nasional Kabupaten Cilacap melaksanakan Kegiatan Press Release Akhir Tahun 2019.
Kegiatan dipimpin oleh Kepala BNN Kabupaten Cilacap Drs. Triatmo Hamardiyono, M. dan mengundang wartawan dari media cetak dan online yang tersebar diwilayah Kabupaten Cilacap.

BNN Kabupaten Cilacap memiliki tugas pokok dan fungsi yang telah bersinergi dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten Cilacap “Bangga Mbangun Desa” khususnya dalam Implementasi pelaksanaan program kegiatan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) sebagai berikut :
Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) telah melaksanakan Kegiatan Advokasi kepada 5 Instansi dan Pembentukan Relawan dan Penggiat Anti Narkoba di instansi Pendidikan dan Kelompok masyarakat sebanyak 14 orang. Kegiatan Diseminasi Informasi menggunakan anggaran DIPA sebanyak 24 kali dan Non DIPA sebanyak 36 kali, jumlah masyarakat yang terpapar giat Diseminasi Informasi baik secara tatap muka maupun melalui media sebanyak 184,643 orang atau sebanyak 10,26% dari total penduduk Kabupaten Cilacap dari target 7%, media yang digunakan adalah media cetak (baliho dan surat kabar), penyiaran dan media online. Kegiatan Insert Konten kepada lingkungan Keluarga,Pelajar/Mahasiswa, Pekerja dan Masyarakat sebanyak 15 kali. Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dengan pemberdayaan Penggiat Anti Narkoba di Instansi Pemerintah, Instansi Swasta, Lingkungan Masyarakat dan Lingkungan pendidikan sebanyak 4 kali. Kegiatan Tes Urine sebagai upaya deteksi dini telah melibatkan 558 orang yang dilaksanakan sebanyak 9 kali di Instansi Pemerintah (Kementerian/Lembaga/TNI dan Polri), 3 kali di Instansi Swasta, 2 Kali Kelompok Masyarakat dan 4 kali kepada Ormas. Tes Urine juga dilaksanakan kepada Para Awak Angkutan Umum, dan Pengemudi tanki Gas/BBM Pertamina serta kepada para calon TKI yang akan berangkat ke luar negeri.
Bidang Pemberantasan selama tahun 2019 telah menangani kasus dengan tersangka 1 orang dengan barang bukti berupa 1,90 gram Shabu dan Sudah diputus di PN Cilacap dengan Hukuman 6 Tahun 3 Bulan denagn subside Rp. 250.000.000 merupakan jaringan Jakarta. Bersama dengan BNN Pusat juga mengungkap 1,65 juta butir pil PCC yang pabriknya berada di Tasikmalaya dan gudang berada di Kroya cilacap dan telah ditangkap 6 orang tersangka yang merupakan warga Kroya yang dalam penyidikan yang dilaksanakan oleh BNN RI. Dalam pemetaan jaringan telah memetakan 3 Jaringan di wilayah Cilacap yang terlibat jaringan Tangerang dan Palembang.
Bidang Rehabilitasi selama tahun 2019 telah melaksanakan Rehabilitasi Korban Penyalahguna Narkoba BNN Kabupaten Cilacap yang bekerja sama dengan Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah yaitu RSUD Cilacap dan RSUD Majenang dan Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat yaitu Klinik Karlina Sidareja dan Yayasan Assalam Panti Rehabilitasi Gangguan Jiwa dan Narkotika Tambihul Ghofilin.
Pecandu yang berhasil di rehabilitasi sebanyak 18 orang pecandu dari target 20 orang. Di tahun 2019 BNN kabupaten Cilacap juga telah mendirikan Klinik Pratama sebagai tempat Rehabilitasi korban penyalahgunaan narkotika rawat jalan yaitu Klinik “SEHATI” dengan ijin operasional dari Dinkes Kabupaten Cilacap nomor : 23/DINKES/KLINIK.P.RJ/III/2019 tanggal 20 Maret 2019 dan telah melayani 16 Klien rehabilitasi rawat jalan dari target 10 klien. MoU yang telah dijalin dengan berbagai Instansi sebagai pelaksanaan Program P4GN sebanyak 3 Lembaga yaitu lembaga Pendidikan, Lembaga Pemerintah (Kec. Cimanggu, RSUD Cilacap, RSUD Majenang dan BRSKP Napza Satria Baturraden), Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat (Klinik Karlina Sidareja, Panti Rehabilitasi Gangguan Jiwa dan Narkotika Tambihul Ghofilin).

BNN tetap menanti kontribusi dari masyarakat untuk mendukung program P4GN agar Indonesia terbebas dari penyalahgunaan narkoba dan peredaran gelap narkoba.Press Release Akhir Tahun 2019 BNN Kabupaten Cilacap Press Release Akhir Tahun 2019 BNN Kabupaten Cilacap

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel